Saturday, February 22, 2014

BERWIRA USAHA DARI SAMPAH MENJADI UANG


Sampah jadi uang, Gimana Caranya ??? Suasana pagi Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, tampak sepi. Beberapa warga sudah berangkat bekerja, sebagian lagi tetap berada di rumah, terutama para ibu rumah tangga. Apakah  mereka di rumah hanya berdiam diri ? tentunya tidak. Di dalam rumah ternyata mereka tetap berkarya. 
Mereka  membuat tas cantik, dompet, cover meja, cover tempat tisu dan tirai dari bahan sampah plastik. Sampah platik itu dari bungkus pop ice, coffemix, marimas, nescafe dan berbagai plastik yang berbahan dari alumunium foil lainnya.
Misalnya wanita hebat ini, namanya ibu Wahyuni (29), istri kepala dusun setempat, di rumahnya itu disulap seperti bengkel kerajinan. Berbagai bungkus minuman cepat saji dari berbagai merek berserakan di depan rumahnya. Di depan rumahnya ada banyak gundukan sampah plastik, ternyata gundukan sampah itu adalah bahan baku kerajinan yang dibuatnya.
Dengan dibantu beberapa ibu-ibu PKK dan Karangtaruna,bungkus makanan dan minuman itu dicuci menggunakan sabun. Setelahnyadikeringkan, plastik dibersihkan dengan lap kain. Warna-warna pembungkus itu tampak bersih dan kinclong. Selanjutnya, siap dipotong salah satu bagian ujungnya dan dirangkai dengan cara dijahit menggunakan benang dengan mesin penjahit.
Selesai sudah para pekerja merangkai plastik kecil itu menjadi lembaran plastik yang agak lebar. sesudah ditentukan polanya, mereka mulai melapisi plastik itu dengan kain blaco. Pekerjaan yang rumit dan membutuhkan ketelitian tentunya, namun mereka dengan telaten hampir menyelesaikan pembuatan tas cantik.
.Setelah tas yang dibuatnya mulai terlihat sudut-sudutnya, mereka  tinggal memberikan tali. Hasilnya luar biasa sebuah tas cantik, warna dan tulisan yang terpampang pada tas merupakan asli bawaan dari pembungkus makanan dan minuman yang dijadikan bahan dasarnya. Memang terkesan seperti sponsor, karena melekat nama mereknya.
''Tapi justru itu nilai seninya, warna dan nama merek pembungkus menjadi menarik. Misalnya, dari pembungkus pop ice warna merah, maka tas itu yang dominan warna merah dan sedap dipandang,'' kata Wahyuni

No comments:

Post a Comment